All About Technical Tool!: Jenis-jenis Batu Gerinda Duduk Dan Spesifikasinya

Jenis-jenis Batu Gerinda Duduk Dan Spesifikasinya

Hallo gan semuanya!
Sudah lama nih admin ga nulis di blog ini lagi, soalnya kemarin admin lagi sibuk pindahan ke toko baru sama ada sedikit upgrade jaringan. Maklum, admin ini multifungsi, disuruh ini bisa, disuruh itu bisa juga. hehe.
Oh iya, yang mau ketemu admin, yuk mari ke toko baru kami Sentral Perkakas di Jl. Juanda no. 64 Pekanbaru, Riau.

Oke, tanpa basa-basi lagi, kali ini admin akan membahas sesuatu yang lagi booming-boomingnya, bahkan, boomingnya di seluruh Indonesia! Wah, apa ya kira-kira? haha
Tentu saja, sesuatu itu adalah batu akik atau bisa disebut juga Batu Cincin. Tapi, kali ini admin bukan mau membahas tentang batu cincinnya, admin akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan toko kami, yaitu Batu Gerinda Duduk atau Batu Asah Batu Cincin.



Ada 3 jenis batu gerinda duduk nih, kegunaannya pun juga berbeda-beda. Tapi diantara perbedaan tersebut, ternyata ada kesamaannya juga loh. Jadi alangkah baiknya kita bahas dulu kesamaannya ya gan!
Kesamaan paling utama dan yang paling sering ditanya orang adalah bahwa setiap jenis batu masing-masing memiliki tingkat kekasaran dan biasanya tingkat kekasaran ini dapat diketahui melalui nomor GRID yang tertera pada batu tersebut.
Angka menyatakan ukuran atau kekasaran dari batu Gerinda, semakin kecil nilainya maka semakin kasar, sebaliknya semakin besar maka semakin halus.
  • Angka 8 – 24: Bisa disebut sebagai kasar / coarse
  • Angka 30 – 60 : Bisa disebut sebagai sedang / medium
  • Angka 70 – 220 : Bisa disebut sebagai halus / fine
  • Angka 220 – 800 : Bisa disebut sebagai sangat halus / very fine
  • Angka 1000 atau lebih : Bisa disebut sebagai ultra halus / ultra fine 
Nah, itu merupakan kesamaannya dan cuma itu saja yang sering ditanya orang-orang. Tapi masih banyak orang yang tidak tahu loh kalau sebenarnya batu grinda duduk itu ada 4 jenis. Tapi admin akan membahas 3 jenis saja, karena 1 jenis lagi kurang lebih hampir sama lah dengan salah satu dari 3 jenis yang akan admin bahas. Sebenarnya yang menjadi pembeda utamanya adalah bahan pembuatannya, jadi di sini admin akan membedakan jenisnya berdasarkan bahan pembuatannya.
Baik langsung saja kita masuk ke jenis yang pertama.

  1. Aluminium Oxide

Pada jenis ini, biasanya pada batu gerinda akan tertulis kode "A" yang diikuti oleh nomor yang menandakan seberapa kasar dan halusnya batu tersebut sehingga biasanya akan menjadi "A60", "A80", "A100", dan seterusnya. Aluminium Oxide adalah senyawa kimia dimana aluminium bereaksi dengan oksigen. Senyawa ini bisa memperlambat korosif sehingga jenis batu ini sangat cocok digunakan untuk mengasah besi sehingga besi tersebut tidak mudah berkarat. Sebelumnya admin menulis bahwa ada 2 jenis batu yang hampir sama. Jenis batu ini bisa dibilang punya kembaran, yaitu White Aluminium Oxide. Biasanya pada batu gerinda duduk tertulis kode "WA" untuk menandakan bahwa bahan pembuatannya adalah White Aluminium Oxide.


Penggunaannya kurang lebih sama, untuk besi juga. Tapi jenis batu ini juga bisa untuk mengasah stainless yang notabene lebih keras daripada besi. Itulah pembeda antara batu jenis Aluminium Oxide dengan White Aluminium Oxide. 




2. Green Silicone



Jenis kedua ini biasanya digunakan untuk mengasah kaca, keramik dan bahan bangunan lainnya. Tapi, belakangan ini batu jenis ini juga digunakan untuk mengasah sesuatu yang lagi populer sekarang, tidak lain dan tidak bukan adalah batu cincin! Pada batu jenis ini akan tertulis "GC" untuk menandakan bahwa batu ini terbuat dari green silicone. Batu jenis ini sekarang menjadi langka karena banyak permintaan dari konsumen untuk digunakan mengasah batu cincin! Mantap juga ya efek batu cincin ini, hahaha. Green silicone ini sebenarnya adalah silicone carbide yang berwarna hijau yang sifatnya abrasive sehingga bisa digunakan untuk mengasah permukaan yang halus maupun kasar. Jenis batu ini menjadi populer untuk mengasah batu cincin karena bisa mengkilapkan batu cincin.

 3. Diamond
Batu ini atau bisa dibilang besi ini terbuat dari Berlian loh! Tapi berliannya cuma di permukaannya saja ya dengan ketebalan berlian sekitar 4 mm sehingga besi ini memang dibuat khusus untuk mengasah batu cincin dengan daya tahan yang lama. Harga batu atau diamond ini juga melambung jauh dibandingkan dengan batu jenis lain karena memang bahan pembuatannya yang juga super keras agar tidak kalah dari batu mulia yang ingin kita jadikan batu cincin. Meskipun harganya mahal, tapi banyak juga loh peminatnya! Karena diamond ini bisa bertahan sangat lama, bahkan hampir setahun dengan intensitas pemakaian yang sering! Oh iya, diamond ini juga mempunyai nomor untuk menentukan tingkat kekasarannya loh, mulai dari no. 60 - 1000 ada gan. Sama seperti Green Silicone, diamond ini juga bisa untuk mengkilapkan batu cincin.

nah itu dia gan kira-kira jenis batu gerinda duduk. Jadi sekarang sudah tahu kan mana yang bagus untuk mengasah batu cincin dan mana yang tidak bisa digunakan untuk mengasah batu cincin?
Jangan sampai salah pilih ya, karena jika anda menggunakan jenis batu Aluminium Oxide untuk mengasah batu cincin, yang ada batu cincin anda malah menjadi kasar dan berlubang-lubang.

Oh iya, sebelum berpisah, ada sedikit tips untuk anda yang ingin membeli gerinda duduk.

Pertama, jika anda ingin membeli gerinda duduk hanya khusus untuk mengasah batu cincin, maka merk HTS dan Modern merupakan pilihan yang tepat. Selain harganya yang murah, kualitasnya lumayan kok untuk harga segitu. Untuk mengasah batu cincin cocok sekali karena untuk mengasah batu tidak diperlukan pemaksaan.






Kedua, bisa dibilang gerinda duduk ini adalah gerinda duduk kualitas menengah dengan harga yang menengah juga. Pada kategori ini, merk yang cocok adalah Morris dan Ryu. Jika anda ingin mengasah batu cincin dengan sedikit pemaksaan, maka gerinda duduk kategori ini lah cocoknya.

Ketiga, tentunya merupakan gerinda duduk kualitas baik dengan harga yang yah ga perlu ditanya lagi lah. Pada kategori ini, tentu saja Bosch dan Makita juaranya! Ga perlu dijelaskan lagi kan kalau untuk kedua merk tersebut?


Nah itu dia gan sedikit tentang penjelasan kami tentang batu gerinda. Semoga bermanfaat ya untuk mengasah batu cincinnya :D
Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di : SentralPerkakas.com
Jika anda ingin info lebih lanjut, bisa hubungi kami di 0813 6448 3353 atau pin bb : 25A64F24

Facebook : Sentral Perkakas
Twitter : SPerkakas


 



1 komentar:

  1. Kalo antara grenda duduk oxford biasa, oxford hd, morris (sayangnya udh g dpt lg dicari dsni), leopard, bagus yg mana ya?

    Kalo oxford katanya alu punya, sedangkan morris & leopard udh tembaga punya. Tp dri segi harga, leopard ma oxford hd cuma beda tipis. Kalo disebut Bosch, saya mah angkat tangan, harganya lumayan bgt 😂 saya cri yg biasa aja, krn cma tuk pemakaian d rmh, menghabiskan waktu luang doang...

    Sebenarnya saya udh coba pke yg oxford hd ama biasa, 15menit udh panas, malah yg hd panas bgt. Tu emang wajar ya? Apa emg beda krn pemakaian watt yg hd jg lebih besar? Soalnya krn pemakaian awal, saya kaget bgt, malah takut tu grendanya kenapa2...

    Mohon penjelasan & bantuannya ya min... Terima kasih...

    BalasHapus

Copyright © All About Technical Tool!